Download Peluncuran Kereta Api Terbaru di Indonesia 2018: Solo Ekspres | Part 3/3 MP4

  May 22, 2018

Kereta Api Indonesia - Masyarakat Solo, Yogya hingga ke Kutoarjo kini memiliki alternatif pilihan kereta api untuk bepergian ke ketiga wilayah tersebut. Menyusul operasional KA Prambanan Ekspres, PT Kereta Api Indonesia meresmikan KA Solo Ekspres di rute yang sama.

KA yang memakai armada Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) produksi PT INKA Madiun ini secara resmi diluncurkan pada Kamis (17/5/2018) di Stasiun Solobalapan, Surakarta. Hadir dalam kesempatan ini Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Direktur Sarana PT KAI Slamet Suseno, dan Dirjen KA Kemenhub Zulkifri yang mewakili Menhub Budi Karya Sumadi.

Walikota Surakarta dalam sambutannya mengapresiasi pengoperasian KA baru ini. Menurutnya hal ini merupakan perwujudan tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan angkutan massal yang aman nyaman dan andal.

"Dengan adanya transportasi tambahan selain prameks ini diharapkan dapat berdampak positif untuk pemerintah di Surakarta, Yogyakarta dan juga Kutoarjo," katanya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno mengungkapkan, pada awal operasi KA Solo Ekspress akan dilayani satu set Kereta Rel Diesel elektrik (KRDE) yang melayani empat kali perjalanan. Nantinya, akan ada satu unit KRDE lagi yang akan beroperasi sebagai KA Solo Ekspres ini.

"Dalam perjalanan Solo-Kutoarjo selama dua jam, penumpang bisa mendapatkan fasilitas pendingin udara, usb port dan toilet. Yang tidak kalah penting, KA ini juga ramah untuk mereka yang berkebutuhan khusus terutama pengguna kursi roda," ungkapnya.

Untuk memperkenalkan KA baru ini, lanjut Seno, pihaknya menerapkan tarif 0 Rupiah atau gratis selama empat hari yakni 17-20 Mei 2018. Selanjutnya, dikenakan tarif Promo Rp 30 ribu untuk Solo-Yogya atau Yogya-Kutoarjo dan Rp 40 ribu untuk Solo-Kutoarjo.

Terkait dengan dukungan untuk angkutan Lebaran 2018, di kesempatan yang sama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulkifri mengatakan, KA Solo Ekspres menjadi perwujudannya.

"Pengoperasian Solo Ekspres menjadi salah satu upaya peningkatan kapasitas dalam angkutan Lebaran 2018. Saya berharap pengoperasian KA Solo Ekspres pada akhirnya memberikan solusi untuk menunjang mobilitas masyarakat. Pada akhirnya, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Share!